Halaman rumah masih terasa luas? Belum terpikirkan ingin mendekorasi halaman seperti apa? Membangun gazebo adalah solusinya. Gazebo sendiri merupakan salah satu elemen eksterior yang dapat menambah estetika pada halaman.

Gzazebo dapat dimanfaatkan sebagai tempat bersantai untuk menikmati suasanan luar atau sebagai ruang berkumpul bersama keluarga dan kerabat. Dari berbagai jenis gazebo, gazebo kayu menjadi model yang paling diminati karena tampilan alaminya. Kayu jati, kayu ulin, dan kayu meranti adalah beberapa jenis kayu yang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan gazebo.

Meskipun terbuat dari jenis kayu yang kuat, bukan berarti gazebo kayu tidak dapat rusak. Jika tidak dirawat dengan baik dan benar, tampilan gazebo akan semakin memudar dan bahkan bisa lapuk hingga runtuh. Sebelum hal ini terjadi, Anda harus melakukan perawatan secara rutin dengan cara yang tepat.

Berikut adalah beberapa tips merawat gazebo kayu agar tahan lama.

Pengecekan secara rutin

Langkah awal yang dapat dilakukan adalah melakukan pengecekan secara rutin dalam jangka waktu sebulan sekali. Pengecekan ini untuk memantau keberadaan jamur, lumut, atau bahkan sarang laba-laba yang sering muncul pada gazebo kayu.

Segera bersihkan kotoran dan noda secara rutin. Dengan begini, kotoran yang berisiko pada gazebo kayu tidak menumpuk.

Rapikan tanaman yang ada di sekitar gazebo

Tanaman-tanaman yang berada di sekitar gazebo dan tidak terawat berisiko mendatangkan hama yang dapat merusak gazebo. Maka dari itu, pangkas sebagian ranting dan daun yang merambat dengan rutin agar tampilan gazebo lebih rapi dan terhindar dari hama. Bersihkan juga dari sampah dedaunan agar selalu bersih.

Mencuci gazebo

Meskipun gazebo terletak di luar ruangan dan bisa terkena hujan, bukan berarti tidak perlu dicuci dengan air bersih. Mencuci gazebo berfungsi untuk meminimalisir terkena kotoran yang menempel, bawaan air hujan, dan juga debu.

Cuci gazebo dengan menggunakan campuran air dan sabun, lalu sikat pada bagian yang kotor secara lembut. Mencuci dan menyikat gazebo kayu sangat penting, terutama untuk gazebo kayu yang memiliki banyak celah.

Mengecat ulang

Langkah selanjutnya adalah melakukan pengecatan ulang. Sebaiknya, pengecatan ulang ini dilakukan dalam jangka waktu 2 hingga 3 tahun sekali atau ketika cat pada gazebo sudah mulai terkelupas. Agar tampilan gazebo terlihat berbeda setelah pengecatan ulang, pilih warna cat yang berbeda dari sebelumnya seperti warna putih atau hitam.

Lindungi dengan lapisan tahan air

Perawatan selanjutnya adalah jangan lupa melindungi gazebo dengan lapisan waterproof setelah pengecatan untuk melindungi dari terpaan air hujan. Lapisan tahan air ini akan melindungi gazebo dari risiko jamur dan lumut, sehingga akan tahan lama.

Demikian tips merawat gazebo kayu agar tahan lama dan selalu terlihat bagus.


Sumber: www.archify.com



Related Article

Tips Merawat Partisi Kayu
Tips Merawat Partisi Kayu

Desain hunian yang populer saat ini mengusung konsep open sp...
Read More

Cara Mudah Merawat Lantai Kayu
Cara Mudah Merawat Lantai Kayu

Menggunakan lantai kayu sebagai bahan penutup lantai memberi...
Read More

Cara Mudah Merawat Kusen Kayu
Cara Mudah Merawat Kusen Kayu

Ada berbagai jenis kusen yang ada di pasaran, salah satunya ...
Read More

Tips Membuat Ruangan Tampak Elegan dengan Partisi Kayu
Tips Membuat Ruangan Tampak Elegan dengan Partisi Kayu

Saat ini banyak sekali hunian yang mengusung konsep open spa...
Read More

Kelebihan Menggunakan Tangga Kayu
Kelebihan Menggunakan Tangga Kayu

Jika rumah Anda memiliki dua lantai, pastinya harus membuat ...
Read More


How can we help you ?


Contact Us at ....


CONTACT US

Follow Us

Leasing Inquiry



Jati Mulya Produsen Pengolahan Kayu dan Furniture di Kota Malang


Jati Mulya, perusahaan yang secara total bergerak di bidang perkayuan, mulai dari produksi kusen, daun pintu, daun jendela, architrave, banpil, handrailling, flooring, decking, dll. Divisi mebel Jati Mulya memberikan servis terbaik dalam pembuatan dan desain interior untuk rumah pribadi, hotel, vila, apartemen, dan proyek perumahan, mulai dari bahan kayu solid, multiplek, HPL.


Receive our Newsletter


Submit
Send Message

jatimulya 2022