Jenis Kayu Terbaik untuk Decking Outdoor

Jenis Kayu Terbaik untuk Decking Outdoor
Saat ini, penggunaan kayu untuk lantai sangat diminati oleh masyarakat. Selain untuk membuat hunian terlihat lebih elegan, juga memberikan kesan mewah dan lembut. Namun, tidak semua jenis kayu cocok digunakan sebagai bahan pembuatan lantai kayu atau decking, terutama pada bagian outdoor.

Menggunakan decking kayu outdoor dapat menambah nilai estetika hunian Anda. Hunian akan terasa lebih hangat dan alami karena memberikan kesan menyatu dengan alam. Decking kayu ini cocok dipasang pada bagian teras, pagar halaman, stepping di taman, maupun di tepian kolam renang.

Biasanya, bahan yang digunakan untuk menutup lantai ini adalah kayu solid. Meski pada umumnya digunakan di luar ruangan, decking kayu ini juga dapat digunakan sebagai pelapis tembok di dalam ruangan.

Manfaat Decking Kayu

Beberapa orang mungkin mengira fungsi decking hanya sebagai penutup lantai saja. Namun sebenarnya juga dapat digunakan untuk hal lainnya.

Gazebo

Gazebo merupakan bangunan yang biasanya dipasang di area yang terbuka. Karena diletakkan di tempat yang terbuka, maka gazebo ini membutuhkan bahan yang tahan terhadap berbagai cuaca.

Pemanfaatan decking kayu sebagai bahan utama pembuatan gazebo sangat cocok, karena kualitas kayu solid yang dipakai tergolong kuat. Selain itu, penggunaan decking kayu juga akan menambah nilai estetika bangunan.

Pagar

Pagar yang terbuat dari decking kayu akan memberikan kesan tersendiri dibandingkan dengan pagar yang terbuat dari aluminium atau besi. Decking kayu ini akan menonjolkan kesan alami dan natural pada hunian Anda.

Meski decking kayu terbuat dari kayu solid, namun tidak semua jenis kayu cocok digunakan pada area outdoor.

Jenis Kayu untuk Decking Outdoor

Membuat decking kayu untuk ruangan outdoor memerlukan kayu yang berkualitas. Hal ini agar decking kayu dapat bertahan dari segala cuaca dan tahan lama. Di sisi lain, kayu yang digunakan harus memiliki tingkat keawetan pada kelas I dan II.

Kayu Merbau

Kayu merbau menjadi salah satu jenis kayu yang dapat digunakan sebagai decking. Kayu ini dikenal multifungsi karena dapat diolah menjadi berbagai kebutuhan rumah tangga, seperti papan tangga, lantai kayu parket, plafon lambersering, dan decking.

Kayu ini memiliki warna khas cokelat kemerahan dengan tingkat kekerasan dan kekuatan pada kelas I dan II. Kayu merbau memiliki tingkat penyusutan yang sangat kecil, sehingga daya retak kayu ini sangat rendah.
Jenis Kayu Terbaik untuk Decking Outdoor

Kayu Ulin

Kayu satu ini sangat cocok diolah menjadi kayu outdoor karena dikenal memiliki karakteristik sebagai kayu yang keras, awet, dan dapat bertahan dari air laut. Kayu ulin juga dapat memiliki tingkat kekuatan, kekerasan, dan keawetan pada kelas I.

Fakta ini yang membuat kayu ulin dijual dengan harga yang cukup tinggi. Selain berfungsi sebagai decking, kayu ulin juga dapat digunakan untuk membuat bantalan rel kereta api, kapal laut, tiang gedung bertingkat, dan tiang listrik.

Kayu Jati

Kayu jati menjadi kayu berkualitas yang cocok digunakan untuk decking outdoor. Kualitas dari kayu jati sudah tidak perlu diragukan lagi. Di mana kayu jati ini memiliki tingkat keawetan dan kekerasan kelas I.

Kayu ini memiliki banyak kelebihan, seperti tingkat keawetan dan kekerasan yang sangat baik, serta corak kayunya yang menarik. Biasanya, kayu jati digunakan untuk bahan pembuatan furnitur.
Jenis Kayu Terbaik untuk Decking Outdoor

Kayu Bengkirai

Keunggulan yang dimiliki kayu bengkirai adalah mudah dipotong dan diproses. Karena keunggulan inilah, banyak orang yang menyukai kayu bengkirai.

Kayu ini memiliki ciri warna kuning kemerahan yang sangat khas, serta memiliki tingkat keawetan dan kekerasan pada kelas I, II, dan III. Tingkat kekerasan dan keawetan ini sesuai dengan usia kayu. Jika kayu bengkirai sudah tua, akan memiliki tingkat keawetan dan kekerasan kelas I sama seperti kayu jati.

Nah, itulah jenis-jenis kayu terbaik untuk decking kayu outdoor. Untuk Anda yang ingin membuat bahan decking outdoor dapat menggunakan salah satu kayu terbaik di atas.


Sumber: courtina.id



Related Article

Kegunaan Decking Kayu untuk Hunian
Kegunaan Decking Kayu untuk Hunian

Dikenal juga sebagai lantai kayu outdoor, decking kayu ini b...
Read More

5 Jenis Kayu Untuk Eksterior Rumah
5 Jenis Kayu Untuk Eksterior Rumah

Kayu menjadi salah satu material bangunan yang cukup menarik...
Read More

Rekomendasi Jenis Kayu untuk Dipan Kasur
Rekomendasi Jenis Kayu untuk Dipan Kasur

Salah satu cara menambah kenyamanan tempat tidur adalah deng...
Read More

Jenis Kayu yang Cocok untuk Lantai Rumah
Jenis Kayu yang Cocok untuk Lantai Rumah

Kayu merupakan salah satu material lantai yang sering ditemu...
Read More

Jenis Kayu yang Cocok untuk Pagar Rumah
Jenis Kayu yang Cocok untuk Pagar Rumah

Dalam membangun sebuah hunian, pagar menjadi salah satu hal ...
Read More


How can we help you ?


Contact Us at ....


CONTACT US

Follow Us

Leasing Inquiry



Jati Mulya Produsen Pengolahan Kayu dan Furniture di Kota Malang


Jati Mulya, perusahaan yang secara total bergerak di bidang perkayuan, mulai dari produksi kusen, daun pintu, daun jendela, architrave, banpil, handrailling, flooring, decking, dll. Divisi mebel Jati Mulya memberikan servis terbaik dalam pembuatan dan desain interior untuk rumah pribadi, hotel, vila, apartemen, dan proyek perumahan, mulai dari bahan kayu solid, multiplek, HPL.


Receive our Newsletter


Submit
Send Message

jatimulya 2022