Kayu meranti merupakan salah satu kayu yang populer di Indonesia, karena dikenal sebagai kayu anti rayap. Meranti menjadi kayu serbaguna yang banyak digunakan untuk aplikasi dekoratif, seperti furnitur, panel, cetakan, architrave & skirting.

Kayu meranti adalah salah satu jenis tanaman khas daerah tropis. Pohon dari kayu ini tumbuh di dataran rendah maupun di hutan hujan seperti Sulawesi, Maluku, Kalimantan, dan Sumatera. Tetapi, Kalimantan menjadi penghasil kayu meranti dengan kualitas terbaik di Indonesia.

Ciri-ciri kayu meranti

  • Memiliki tinggi antara 30,40, hingga 70 meter
  • Batang pohon lurus dan bulat
  • Diameter pohon antara 50,100, hingga 450 meter
  • Terdapat alur dalam atau dangkal berwarna gelap, terang, atau cokelat kemerahan
  • Kepadatan kayu rata-rata 630 kg/m3
  • Mengandung pigmen yang larut dalam air
  • Termasuk ke dalam jenis kayu yang keras dengan bobot rendah, sedang, hingga berat

Jenis kayu meranti

Kayu yang sering disebut dengan Mahoni Philiphina ini merupakan sejenis kayu pertukangan yang termasuk dalam genus shorea dan famili dipterocarpaceae. Terdapat 3 jenis kayu meranti yang perlu diketahui, yaitu:
  • Meranti Kuning
Meranti kuning ini biasanya berwarna kuning kecokelatan, dan pada saat usia tua akan berubah menjadi gelap. Kayu ini memiliki tesktur kasar dengan pori-pori besar dan termasuk jenis kayu yang tidak memiliki daya tahan lama. Kayu yang rentan terhadap serangga ini mengandung silika yang membuat proses pengerjaannya sedikit sulit dan dapat menumpulkan alat kerja.
  • Meranti Putih
Meranti putih memiliki permukaan kayu yang agak licin dengan tekstur sedikit kasar namun lebih halus dibandingkan meranti merah. Kayu ini mengandung silika, sama halnya dengan meranti kuning yang dapat membuat proses pengerjaannya agak sulit dan sering menumpulkan alat. Kayu meranti jenis ini memiliki serat lurus, bergelombang, dan juga terpadu.
  • Meranti Merah
Kayu ini juga sering disebut sebagai Red Lauan. Warna yang dimiliki meranti merah ini cenderung gelap kemerahan maupun cokelat keunguan dengan garis-garis putih resin. Tekstur yang dimiliki kayu ini kasar dengan grain lurus atau saling bertautan. Pada daerah akar memiliki resistensi yang tahan lama terhadap pembusukan, namun rentan terhadap serangga.

Dari berbagai jenis kayu meranti kerap digunakan sebagai bahan bangunan, termasuk juga manfaat kayu meranti seperti ini:
  • Bahan Furnitur Indoor/Outdoor
Pohon meranti menghasilkan kayu yang keras dengan kualitas yang bagus. Kayu meranti ini biasanya diaplikasikan sebagai bahan dasar untuk membuat peti perhiasan, kursi, meja, atau aneka lainnya. Hal ini menjadikan kayu meranti memiliki nilai jual yang ekonomis.
  • Bahan Konstruksi Bangunan
Salah satu jenis kayu yang dapat digunakan sebagai bahan konstruksi bangunan adalah kayu meranti. Tekstur yang keras dan memiliki ketahanan yang lama adalah kelebihan dari kayu ini. Beberapa bahan konstruksi bangunan dari kayu ini seperti jendela, pintu, handrail, dan parket lantai.
  • Bahan Kosmetik, Sabun, Obat-Obatan, dan Olahan Makanan

Tengkawang merupakan sejenis buah yang dihasilkan oleh beberapa spesies shorea yang dapat digunakan sebagai bahan dasar kosmetik dan makanan. Biji dari shorea ini mengandung lemak sekirat 40% - 60%, serta kandungan protein sekitar 5% - 6%.

Di dalam industri makanan, kandungan itu digunakan untuk menggantikan mentega cokelat. Selain itu, buah tengkawang juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan sabun dan obat-obatan.

Itulah beberapa informasi terkait kayu meranti yang perlu diketahui.


Sumber: manfaat.co.id



Related Article

Karakteristik dan Keunggulan Kayu Mahoni
Karakteristik dan Keunggulan Kayu Mahoni

Material kayu menjadi salah satu elemen utama dalam mendirik...
Read More

Mengenal Kayu Bengkirai dan Keunggulannya
Mengenal Kayu Bengkirai dan Keunggulannya

Salah satu material dasar dalam membangun hunian atau membua...
Read More

Manfaat Kayu Meranti, Kayu Khas Daerah Tropis
Manfaat Kayu Meranti, Kayu Khas Daerah Tropis

Kayu meranti adalah jenis kayu yang paling populer dan palin...
Read More

Ragam Jenis Kayu dari Segi Bahan
Ragam Jenis Kayu dari Segi Bahan

Salah satu komponen penting dari suatu bangunan atau rumah a...
Read More

5 Jenis Kayu Untuk Eksterior Rumah
5 Jenis Kayu Untuk Eksterior Rumah

Kayu menjadi salah satu material bangunan yang cukup menarik...
Read More


How can we help you ?


Contact Us at ....


CONTACT US

Follow Us

Leasing Inquiry



Jati Mulya Produsen Pengolahan Kayu dan Furniture di Kota Malang


Jati Mulya, perusahaan yang secara total bergerak di bidang perkayuan, mulai dari produksi kusen, daun pintu, daun jendela, architrave, banpil, handrailling, flooring, decking, dll. Divisi mebel Jati Mulya memberikan servis terbaik dalam pembuatan dan desain interior untuk rumah pribadi, hotel, vila, apartemen, dan proyek perumahan, mulai dari bahan kayu solid, multiplek, HPL.


Receive our Newsletter


Submit
Send Message

jatimulya 2022